-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jambore Nasional XI 2022 Berjalan Sukses Berkat Pasokan Listrik Berlapis dari PLN

Tuesday, August 23, 2022 | 8:54:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-23T01:54:30Z
Foto Dok PLN


64 petugas PLN memastikan bahwa pasokan listrik sukses secara optimal untuk mendukung kelancaran acara.


energikita.id - PT PLN (Persero) sukses memberikan layanan listrik berkualitas untuk Jambore Nasional XI Tahun 2022, sehingga tidak terjadi kedip ketika saat rangkaian kegiatan tersebut berlangsung. 


General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan PLN selalu siap menyediakan listrik yang andal untuk acara besar baik skala nasional maupun internasional. Hal ini terbukti saat pelaksanaan rangkaian Jambore Nasional XI Tahun 2022, mulai dari persiapan, pembukaan acara yang bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 pada Minggu (14/08) sampai dengan penutupan Jambore Nasional XI pada Sabtu (20/08). 


"Kami sudah pastikan pasokan listrik untuk rangkaian kegiatan nasional ini, mulai dari gladi, peringatan HUT ke-61 Pramuka, hingga rangkaian Jambore Nasional XI selesai pada hari Minggu (21/8), dapat berjalan dengan lancar dan didukung pasokan listrik yang andal," ungkap Doddy. 


Doddy mengungkapkan, untuk memberikan layanan listrik tanpa kedip, jaringan kelistrikan di lokasi acara Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur ini dipasok listrik dari 2 sumber dengan daya eksisting sebesar 197.000 Volt Ampere (VA) dan penerangan sementara daya 302.000 VA ditambah dengan backup suplai listrik dari Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 500.000 VA. 


"Pemasangan listrik sementara merupakan solusi untuk kebutuhan event yang besar. Listrik dari PLN lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara dan suara di lokasi acara," tutur Doddy.


Menurutnya, pasokan listrik dari dua sumber yang berbeda ini diterapkan bilamana sumber utama mengalami gangguan, suplai dapat dialihkan ke sumber cadangan. Adapun UPS yang dipasang ini berfungsi untuk menyuplai listrik pada saat pergantian pasokan listrik jika terjadi gangguan sehingga tidak terjadi flicker atau kedip. 


Selain itu, 64 petugas PLN juga bersiaga baik di lokasi acara maupun di control center. Petugas memastikan bahwa pasokan listrik terdistribusi secara optimal untuk mendukung kelancaran acara. 


"PLN juga melakukan beberapa persiapan teknis dilakukan menjelang Acara Jambore Nasional XI Tahun 2022 sekaligus pembukaan Peringatan Hari Pramuka ke-61, di antaranya pemeliharaan jaringan 20 KV dan perkuatan jaringan kelistrikan yang menyuplai ke lokasi," lanjutnya.


Wakil Ketua Kwartir Nasional Bidang Pembinaan Anggota Muda Pramuka Indonesia sekaligus Ketua Pelaksana Jambore Nasional XI Tahun 2022, Prof. Dr. Ir. S. Budi Prayitno, M.Sc., memberikan apresiasi kepada PLN atas dukungan keandalan listrik selama gelaran Jambore Nasional XI Tahun 2022 Pramuka Indonesia berlangsung, sehingga seluruh agenda dapat berlangsung lancar tanpa gangguan listrik. 


“Pertama, saya, selaku Ketua Pelaksana Jambore Nasional XI Tahun 2022 mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu kelancaran Jambore Nasional XI Tahun 2022. Jaringan yang diberikan oleh PLN baik sekali dan tidak ada gangguan,” ungkap Budi ketika ditemui usai Upacara Penutupan Jamnas XI. 


Budi pun berharap PLN terus memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan, sehingga pasokan listrik tetap berkualitas dan andal.


“PLN terbaik. Terima kasih sekali lagi kepada PLN. Mudah-mudahan tetap jaya. Salam Pramuka!” tambah Budi.(*)

×
Berita Terbaru Update