-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Senyum Gembira Anak-Anak Desa Budo Sulawesi Utara Sambut Rumah Pintar PLN

Friday, July 29, 2022 | July 29, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-29T06:25:31Z
Foto Dok PLN


PT PLN (Persero) bersama dengan Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara hadirkan Rumah Pintar untuk meningkatkan minat baca dan pengembangan wisata desa 


energikita.id - Anak-anak Desa Budo di Minahasa Utara, Sulawesi Utara tersenyum gembira saat bermain di rumah pintar yang baru dibangun oleh PT PLN (Persero) untuk mereka. Generasi penerus Minahasa Utara ini antusias mencoba fasilitas baru yang diperuntukkan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan arena bermain mereka. 


Gizel Singa, salah satu anak Desa Budo mengungkapkan mereka kini bisa lebih sering membaca buku dengan kehadiran rumah pintar. 


“Dengan adanya rumah pintar ini saya dan teman lainnya merasa senang, saya jarang sekali membaca majalah dan buku menarik seperti ini. Waktu luang saya ke depannya akan diisi oleh pengetahuan baru lewat buku-buku ini," tutur Gizel. 


Rumah Pintar ini merupakan kolaborasi PLN bersama dengan Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara yang dibalut dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program TJSL ini diharapkan dapat meningkatkan potensi wisata Desa Budo yang dekat dengan Likupang, salah satu kawasan wisata Destinasi Super Prioritas di Bumi Nyiur Melambai, Sulawesi Utara. 


Rumah Pintar ini sendiri dilengkapi dengan sarana penunjang yang membuat anak-anak dan warga lebih betah berkreasi. Di sana disiapkan AC, TV, komputer, rak, beanbag, dan beragam buku bacaan. Rumah Pintar ini makin menyemarakkan giat wisata Desa Budo yang termasuk dalam Nominator 50 Besar Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022 dan menjadi satu-satunya perwakilan Sulawesi Utara.  


General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Leo Basuki berharap bantuan ini dapat menjadi media yang nantinya akan membantu memajukan dan menambah wawasan masyarakat di lokasi sekitar. 


“Program yang merupakan wujud nyata PLN Peduli dalam dunia pendidikan di Desa budo diharapkan akan menjadi media yang menumbuhkan minat baca masyarakat sekitar,” ucap Basuki. 


Dengan begitu, PLN mendukung Program Wisata Desa Budo tersebut dapat meningkatkan pendidikan melalui rumah pintar yang dapat menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak sekitar. 


Hadirnya rumah pintar ini, diharapkan akan berdampak positif untuk anak-anak sekitar yang biasanya lebih banyak bermain di pantai usai jam sekolah. Dengan adanya Rumah Pintar ini, anak-anak bisa lebih sering memanfaatkan waktu luang untuk menambah wawasan dan pengetahuan melalui buku bacaan yang tersedia di rumah pintar. 


Komandan Lantamal VIII, Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka mengapresiasi terhadap bantuan program hasil kolaborasi tersebut yang merupakan sarana peningkatan minat baca masyarakat sehingga mutu pendidikan dapat lebih baik lagi. 


“Terima kasih atas kolaborasi PLN bersama kami dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara sehingga bantuan ini dapat membantu anak-anak untuk tumbuh cerdas inovatif dan mandiri serta berguna bagi kemajuan bangsa Indonesia” tutur Nouldy. 


Rumah Pintar di Desa Budo menjadi satu dari sekian program PLN Peduli yang mendukung sektor pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Berbagai hal menarik lainnya tentang Program PLN Peduli pun dapat ditemukan langsung dari aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.(*)

×
Berita Terbaru Update