-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kasus Covid-19 Meningkat, PLN Siap Suplai Kebutuhan Oksigen untuk Rumah Sakit

Saturday, February 5, 2022 | February 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-05T12:10:14Z
Foto Dok PLN


PJB UP Muara Karang memiliki fasilitas produksi oksigen medis untuk kemanusiaan


energikita.id - Seiring dengan peningkatan kasus Covid-19, PT PLN (Persero) siap memasok kebutuhan oksigen yang diproduksi pembangkit listrik yang dikelola anak usaha perseroan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB).  


Diketahui, hingga Kamis (3/2), ada 27.197 kasus Covid-19 yang dilaporkan pemerintah. Melonjaknya kasus positif harian, juga meningkatkan kesiagaan perseroan untuk senantiasa aktif mendukung penanganan Covid-19.


Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi, mengatakan mengatakan pada gelombang 2 Covid-19 di Indonesia, UP PJB Muara Karang telah aktif memasok oksigen untuk kebutuhan rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya. 


"PLN memanfaatkan oksigen yang awalnya dibuang ke udara bebas pada sistem pendingin pembangkit menjadi oksigen medis murni," ujarnya.


Dalam memproduksi oksigen, PJB mengutamakan prinsip kerja dengan melakukan elektrolisa air murni untuk dilakukan pemisahan gas sehingga dihasilkan hidrogen dan oksigen. 


Sebelumnya, pilot project di instalasi PJB PLTGU Muara Karang berhasil menghasilkan oksigen dengan kemurnian 99,9 persen.


Agung mengatakan PLN telah menyalurkan oksigen kepada tiga fasilitas kesehatan melalui fasilitas produksi oksigen dari UP PJB Muara Karang, yakni RSI Cempaka Putih, RSUD Pasar Minggu, dan Puskesmas Kelapa Gading.


"Total oksigen keseluruhan yang telah didistribusikan adalah 390,5 meter kubik," tambahnya. 


Selain pasokan dari fasilitas produksi oksigen di UP PJB Muara Karang, PLN juga memiliki potensi produksi di 19 instalasi pembangkitnya. Adapun estimasi produksi oksigen mencapai 2 ton per hari.


Di sisi lain, GM Unit Pembangkitan Muara Karang, Maryono mengatakan bahwa oksigen yang dihasilkan telah melalui sertifikasi produk Gas Medik Oksigen tanggal 5 Agustus 2021 dan sertifikasi Instalasi Gas Medik Oksigen Generator tanggal 6 Oktober 2021 dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta, sehingga terjamin penggunaanya.(*)

×
Berita Terbaru Update