-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PLN UIP Sumbagut Gandeng Forhidos Tanam Pohon di DTA Danau Toba

Thursday, December 2, 2021 | 3:55:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-02T08:55:15Z
Foto Dok PLN


Karo : Masih dalam memperingati Hari Menanam Pohon 2021, PT PLN UIP Sumbagut, kembali melakukan penghijauan pada Selasa (30/11/2021). 


energikita.id - Daerah tangkapan air (DTA) Danau Toba di Kabupaten Karo, persisnya di Desa Pangambatan dan Situnggaling, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menjadi fokus dalam kegiatan ini. 


Dalam kegiatan bertema Program Bantuan Penanaman Pohon Tahun 2021, PLN UIP Sumbagut yang menggandeng Forum Hijau Dolog Sipiso Piso (Forhidos), melakukan aksi tanam pohon di Gunung Sipiso-Piso yang kini terancam gundul akibat perambahan hutan dan kebakaran hutan. 


General Manager PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung diwakili Senior Manager Perencanaan Raja Muda Siregar menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Peduli. 


"Tidak hanya bertepatan dengan rangkaian Hari Menanam Pohon 2021, peduli lingkungan berupa penanaman pohon ini merupakan salah satu agenda wajib PLN yang tetap peduli pada lingkungan di samping tupoksinya menerangi seluruh pelosok negeri," ungkap Raja Muda seraya menyampaikan permohonan maaf GM PLN UIP Sumbagut yang berhalangan hadir karena ada kegiatan lain. 


Didampingi Assistant Manager Komunikasi dan TJSL Effiaty Polapa dan jajaran stafnya, Raja Muda Siregar juga menyampaikan, sebelum di kawasan Danau Toba, tepat pada Hari Menanam Pohon pada 28 November 2021 lalu, pihaknya juga telah melakukan kegiatan serupa di kawasan Danau Lut Tawar di Kawasan Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. 


"Kami dari PLN berharap, apa yang kita lakukan ini bukan hanya untuk melestarikan kawasan Danau Toba, juga diharapkan mampu memberi arti bagi kelangsungan habitat dan berguna bagi anak cucu kita kelak," harap Raja Muda. 


Sementara, Herianson Munthe, Sekretaris Forhidos sekaligus aktivis lingkungan yang menggagas kegiatan ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN UIP Sumbagut yang secara konsisten peduli terhadap lingkungan lewat aksi penanaman pohon. 


"Gunung Sipiso-piso yang terletak di antara 2 desa ini merupakan satu-satunya daerah tangkapan air di Kabupaten Karo. Namun kini kondisinya sangat memprihatinkan. Jangan sampai kawasan ini gundul. Mari bersama kita hijaukan lingkungannya. Bantuan PLN ini tentu sangat berarti untuk menjaga hutan disini," imbaunya. 


Dalam penanaman pohon ini juga, kata Herianson, Forhidos turut membawa aktivis lingkungan yang sejak lama sangat peduli dan konsisten mengabdikan hidupnya untuk alam. 


"Hadir pula dalam kegiatan ini Bapak Paris Sembiring, peraih Kalpataru pada 2003 dari Presiden Megawati atas dedikasinya mencanangkan Bank Pohon Indonesia dan Marandus Sirait, penggagas Taman Eden 100 pohon yang meraih Kalpataru 2005 dari Presiden SBY," terangnya. 


Sementara, prosesi penanaman pohon di Gunung Sipiso-piso setinggi 1200 mdpl ini, turut melibatkan berbagai unsur. Mulai dari Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Karo hingga unsur pemuda yang peduli lingkungan.(*)

×
Berita Terbaru Update