-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Listriki Daerah Terpencil, PLN Bagikan 97 Set Tabung Listrik untuk Warga Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayapura

Monday, December 20, 2021 | December 20, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-20T01:50:57Z
Foto Dok PLN



energikita.id -Menjelang perayaan Hari Natal 2021, PLN memberikan bantuan 97 set tabung listrik untuk masyarakat di wilayah remote area (daerah terpencil). Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), tabung listrik berkapasitas 500 kilojoule tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB), Abdul Farid kepada Kepala Staf Korem 172/Praja Wira Yakthi, Kolonel Inf. Wempi Ramandei di Makorem 172/Praja Wira Yakthi.

Serupa dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), sistem kerja tabung listrik ini juga menggunakan panel surya sebagai sumber daya yang dihubungkan ke penyimpan daya (tabung listrik). Daya yang tersimpan, nantinya dapat digunakan untuk mengoperasikan alat elektronik dan dialirkan ke beberapa lampu yang terhubung. Setiap set tabung listrik yang diberikan terdiri dari sebuah panel surya, sebuah tabung listrik sebagai penyimpan daya dan empat buah lampu yang bisa digunakan secara bersamaan. Untuk pemakaian normal, tabung listrik yang terisi daya penuh dapat digunakan 4-5 hari.

Kepala Staf Korem 172/Praja Wira Yakthi, Kolonel Inf. Wempi Ramandei, menyampaikan apresiasinya terhadap bantuan yang diberikan PLN. Dia menjelaskan bahwa dengan hadirnya listrik teknologi tenaga surya ini, menjadi salah satu solusi untuk wilayah yang geografisnya sulit untuk dijangkau. "Ini menjadi salah satu bentuk kegiatan operasi teritorial bakti TNI yang didukung melalui program PLN Peduli untuk bisa mewujudkannya. Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan ini. Kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut," ungkapnya.

Dengan bantuan Korem 172/Praja Wira Yakthi, tabung listrik tersebut akan didistribusikan ke beberapa distrik di Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayapura. Tentunya hal ini sangat dinantikan oleh masyarakat penerima bantuan yang sebelumnya tidak pernah merasakan kehadiran listrik. "Rencananya di Kabupaten Sarmi sebanyak 60 set tabung listrik akan kami berikan untuk masyarakat Distrik Apawer Hilir dan 20 set tabung listrik untuk masyarakat Kampung Yamna, Distrik Pantai Timur. Sedangkan di Kabupaten Jayapura, sebanyak 4 set akan diberikan untuk masyarakat Kampung Drakisi dan 13 set untuk masyarakat Kampung Sombeiyai, di Distrik Depapre," papar Wempi.

Disisi lain, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid, mengungkapkan bahwa di era saat ini sangat dibutuhkan kolaborasi untuk bisa terus membuat kemajuan dalam menghadapi tantangan. Sebagai institusi yang berbasis kewilayahan, Korem tentunya sangat menguasai geografis di 11 kabupaten di tanah Papua ini sehingga dirasa sangat membantu PLN yang memiliki visi menerangi seluruh negeri. "Tabung listrik ini dipilih sebagai upaya kami melistriki wilayah-wilayah terpencil. Kalau menunggu jaringan seperti disini, masih butuh waktu yang panjang untuk mewujudkannya. Kami ingin seluruh masyarakat dapat segera menikmati kehadiran listrik," ucap Farid.

Selain itu, Farid berharap sinergi yang sudah terbangun antara PLN dan TNI bisa terus berlanjut. Kesejahteraan masyarakat menjadi terbantu dan aktivitas sehari-hari dapat dilakukan lebih mudah. "Semoga dengan hadirnya listrik ini dapat menjadi kado natal yang dinikmati masyarakat dengan sukacita," harapnya.(*)
×
Berita Terbaru Update