-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PLN Gandeng KSOP Kebut Proyek Integrasi Sistem Kelistrikan Kalimantan

Thursday, September 9, 2021 | September 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-17T03:01:41Z


PLN menargetkan transmisi SUTT 150 kV beroperasi pada 2022

energikita.id -  PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP KLB) membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) yang menghubungkan  Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP Kalimantan Bagian Barat Faruq Suyuthi berharap pembangunan SUTT ini dapat memperkuat keandalan pasokan listrik di dua provinsi tersebut.

Pembangunan tower SUTT 150 kV ini rencananya akan melewati sungai Jelai, kabupaten Sukamara. Ditargetkan jaringan ini akan beroperasi pada 2022.

PLN akan membangun 438 tower, di mana 414 tower berada di Kabupaten Ketapang dan 24 tower lainnya berada di Kabupaten Sukamara.

“Interkoneksi kelistrikan akan dapat membantu evakuasi daya dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat dan sebaliknya. Sehingga kelistrikan di kedua provinsi dapat menjadi lebih baik,” ujar Faruq.

Untuk bisa mempercepat proses tersebut, lanjut Faruq, PLN menggandeng Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Sukamara dan Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin.

Kasi Operasi Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin,  Karyanto Kristo menyampaikan dukungannya terkait rencana pembangunan proyek strategis nasional tersebut. 

"Survei yang kami lakukan untuk titik tower ini memilki lokasi yang cukup sulit, namun kita semua dapat melakukan survei dengan lancar dengan cuaca mendukung dan selamat sampai kegiatan selesai," ucap Karyanto.

Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan KSOP Sukamara, Yekti Wisaptoyo juga siap mendukung pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut. 

“Kami siap bersinergi dengan PLN dalam pengawasan pelaksanaan konstruksi tower perlintasan sungai terutama dalam rangka menjaga keamanan alur pelayaran di Sungai Jelai Kabupaten Sukamara.” ujar Yekti.(*)

×
Berita Terbaru Update