-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Petani Buah Naga Lhokseumawe Manfaatkan Teknologi Electricfying Agriculture untuk Meningkatkan Produksi

Monday, August 16, 2021 | 5:19:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-17T03:01:52Z

energikita.id - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lhokseumawe menyerahkan bantuan kepada UMKM Usaha Tani Buah Naga untuk membantu warga petani yang terdampak pandemi Covid-19, Jumat (13/08/2021).
Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Manager UP3 Lhokseumawe, Muhammad Haiqal didampingi Zulkarnaini selaku Manajer Bagian Keuangan, SDM dan Administrasi UP3 Lhokseumawe dan Rahmad Ardiansyah selaku Asman TJSL Kantor UIW Aceh.
“Ini merupakan program bantuan untuk petani buah naga Bang Tani Jaya dan juga merupakan pemanfaatan teknologi Electricfying Agriculture untuk meningkatkan produktifitas pertanian khusus buah naga,” ujar Muhammad Haiqal.
Dijelaskan, dengan bantuan program tersebut, maka petani juga melakukan perubahan daya dari 900VA menjadi 4400 VA dengan perubahan daya tersebut petani buah naga dapat meningkatkan hasil panen melalui pemanfaatan dengan cara penyinaran lampu energi listrik di malam hari.
“ Kami mengharapkan atas bantuan yang berikan dapat bermanfaat bagi pengelolanya serta bisa mensejahterakan petani itu sendiri,” ujar Haiqal.
Sementara, M Yani (40), petani buah naga memiliki dua orang anak putra putri yang beralamat Desa Padang Sakti Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe menyampaikan dengan cara metode penyinaran lampu LED listrik di lahan miliknya dengan luas 1200 meter persegi, petani naga dapat meningkat produksi panen buah naga dari 200 kilogram sekali panen, sebelum adanya penyinaran lampu listrik, sesudah ada penyinaran lampu listrik nantinya panen buah naga akan meningkat menjadi 400 sampai dengan 500 kilogram tanpa harus menunggu musim panen buah naga.
“Saya berterimakasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan ini melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang mana sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai petani buah naga,” ujarnya.
Karena buah naga merupakan buah yang tumbuh daerah tropis maka penyinaran lampu di malam hari sangat berguna untuk menjaga suhu di sekitar kebun naga tetap terjaga dan juga terhindar dari gangguan serangga maupun hama buah yang ingin mendekati bunga maupun buah naga. Ini sangat membantu untuk meningkatkan panen buah naga.
“Kebun naga ini nantinya juga sebagai tempat edukasi para petani buah naga yang ada di kota Lhokseumawe maupun tempat agrowisata kebun naga,” demikian ujar Yani.(*)
×
Berita Terbaru Update