-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

M Rasid, Penggiat Energi Ramah Lingkungan

Thursday, August 19, 2021 | August 19, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-17T03:01:50Z

energikita.id - Lahir dan tumbuh besar dalam keterasingan listrik tidak memudarkan semangatnya untuk berpijar. Moh Rasid, terus berupaya dan memutar otak mencari solusi agar dia dan masyarakat di sekitarnya mendapatkan akses listrik untuk kehidupan sehari-hari.

Bersama PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) UP Paiton yang juga merupakan anak usaha PT PLN (Persero), Moh Rasid membentuk kelompok Tirta Pijar dan menemukan solusi mengaliri listrik untuk Desa Andungbiru, desa yang belum mendapat akses listrik dikarenakan letak geografisnya yang sulit berada di kaki gunung Argopuro.
Pontesi sumber air yang memiliki debit air besar baik kemudian dimanfaatkan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang kemudian yang dikembangkan dengan program-program lain yang saling terintegrasi dalam desain Program Desa Mandiri Energi.
PLTMH ini selain memberikan akses listrik untuk masyarakat, juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan produksi kopi dan kegiatan penggemukan sapi. PLTMH ini menjadi simbol masyarakat dapat menjaga kelestarian sungai dan hutan selain mengambil mendapatkan akses listrik.(*)
×
Berita Terbaru Update