-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PLN Dorong Pengembangan Pariwisata Daerah Melalui Electrifying Tourism

Sunday, May 29, 2022 | May 29, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-29T09:41:47Z
Foto Dok PLN


Masuknya listrik PLN, membantu masyarakat di Pulau Magaliho mendongkrak aktivitas pariwisata saat malam hari 


energikita.id - PT PLN (Persero) mencanangkan program electrifying tourism dengan menyediakan energi listrik yang andal untuk menggenjot kinerja sektor pariwisata daerah. 


General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara menuturkan PLN memiliki semangat membangun dunia pariwisata Indonesia. Untuk itu, PLN memberikan dukungan dengan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal. 


“Sehingga tidak hanya di sektor pertanian hingga sektor perikanan dan kelautan saja. Namun kami juga siap untuk mewujudkan electrifying tourism di Maluku hingga Maluku Utara,"ujar Adams. 


Adams menambahkan, melihat potensi pariwisata di Pulau Magaliho, PLN berencana untuk memberikan dukungan berupa pemanfaatan energi yang lebih bersih pada setiap aktivitas di Pulau Magaliho tersebut. 


"Ke depan, kami akan mendorong juga penerapan electrifying lifestyle di Pulau Magaliho seperti penggunaan kompor induksi dan juga perlengkapan lain yang serba listrik di Pulau Magaliho", jelasnya. 


Dukungan PLN untuk mendorong geliat pariwisata Halmahera sudah dirasakan pelaku bisnis setempat. Salah satunya Syiti Hazzar Dwi Lusiana, pemilik resort di Pulau Magaliho, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. 


Syiti kini bisa tersenyum lega melihat gemerlap lampu menerangi resort miliknya di malam hari. Pasalnya, PLN telah memberikan layanan pasang baru listrik dengan total daya 11.000 Volt Ampere (VA) untuk resort -nya. 


"Sebelumnya aktivitas pengunjung di malam hari sangat terbatas karena tidak adanya listrik. Jadi resort kami hanya buka hingga sore hari. Dengan masuknya listrik PLN, kami sangat terbantu dan masyarakat di sekitar sangat senang karena kini wisatawan dapat berkunjung di malam hari,” ujarnya. 


Syiti menuturkan bahwa wisatawan yang ingin datang ke Pulau Magaliho selama ini menggunakan transportasi perahu milik masyarakat yang berada di Desa Mawea, Kecamatan Tobelo Utara. 


"Jika wisatawan semakin ramai, maka masyarakat juga akan merasakan dampaknya,” katanya. 


Saat ini, Pulau Magaliho menjadi salah satu daya tarik wisata baru yang muncul di Kabupaten Halmahera Utara. 


Pulau tidak berpenghuni tersebut mempunyai keunikan tersendiri, yakni air laut yang jernih, dan spot foto yang apik dengan deretan pulau-pulau kecil lain di sekitarnya. 


"Kami sangat berterima kasih dengan masuknya listrik PLN di Pulau Magaliho. Dengan support listrik PLN, semoga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Magaliho, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," tambah Syiti.(*)

×
Berita Terbaru Update