-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dorong Peningkatan Keterampilan Masyarakat Kabupaten Kampar, TJSL PLN Gandeng Rumah Kreatif Kampung Patin

Friday, December 3, 2021 | December 03, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-03T07:30:00Z
Foto Dok PLN


energikita.id - PT PLN (Persero) UIW Riau dan Kepri melalui program TJSL PLN Peduli, menyerahkan bantuan pengembangan untuk Rumah Kreatif Kampung Patin yang berlokasi di Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Manager komunikasi dan TJSL PLN UIWRKR Tajuddin Nur. Dukungan PLN bagi pengembangan Rumah Kreatif Kampung Patin ini merupakan upaya pemberdayaan potensi masyarakat desa dalam rangka meningkatkan keterampilan serta menumbuhkan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta menunjang kegiatan Desa Wisata Kampung Patin.

“Harapan kami Rumah Kreatif Kampung Patin ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat desa khususnya generasi muda dan ibu-ibu di desa Koto Mesjid untuk bisa meningkatkan keterampilan nya melalui pelatihan yang dilakukan Rumah Kreatif sehingga lebih banyak lagi pengrajin-pengrajin baru dimana hasil karyanya bisa dijual dan meningkatkan kapasitas produksi ,sekaligus mampu menjadi sentra edukasi dengan pemberian materi-materi pelatihan yang sesuai sehingga dapat membentuk UMKM yang berkualitas,” ujar Tajuddin.

PLN UIW Riau dan Kepri melalui Program TJSL/CSR PLN Peduli Berkelanjutan Tahun 2021 menyerahkan bantuan Pengembangan Rumah Kreatif sebesar 69 juta rupiah melalui penggagas sekaligus Pembina Rumah Kreatif Kampung Patin, Doni Mariandi.

“Pada kesempatan ini kami berterimakasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan bagi Rumah Kreatif ini karena dengan bantuan PLN Peduli kegiatan pelatihan dan pengembangan usaha kelompok rumah kreatif ini dalam menumbuhkan potensi generasi muda dan ibu-ibu rumah tangga untuk bisa mendapatkan keterampilan melalui pelatihan bisa kami laksanakan ," kata Doni.

Program ini dimulai tahun 2019 dengan bantuan awal sebesar Rp. 64 juta, yaitu bantuan program bina lingkungan dari PLN. Bantuan tersebut difokuskan untuk pengadaan alat kerja dasar dan pengembangan produk.

"Di tahun 2021 ini kami sudah dapat berkembang dengan hadirnya beberapa produk unggulan dan bertambahnya para pengrajin yang umumnya adalah para adik-adik remaja dan para ibu rumah tangga , bantuan dari PLN sendiri kami optimalkan untuk mendukung kegiatan Wisata yang berada di Kabupaten Kampar umumnya dan Desa Koto masjid khususnya ,” ujar Doni, Selasa (30/11/2021)
Dijelaskan oleh Doni, saat ini Rumah Kreatif Kampung Patin beranggotakan 21 orang yang produktif, dan terbagi menjadi beberapa unit, seperti unit pengolahan bahan baku bekas, unit rumah rajut vicraft, unit rumah dekla nabila, unit rumah dekla alfatih, dan unit rumah fiber kayu besi.(*)
×
Berita Terbaru Update