-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bangkitkan Ekonomi Kreatif, PLN Resmikan Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi

Friday, December 3, 2021 | December 03, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-03T06:38:11Z
Foto Dok PLN


energikita.id – Mendukung pengembangan ekonomi kreatif berbasis Budaya Betawi, PLN resmikan Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi di RW 006 Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat pada Kamis, 2 Desember 2021. 


Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi ini berfungsi sebagai wadah pengembangan masyarakat dari sisi lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya. PLN Peduli hadir untuk berkolaborasi mendukung berbagai program seperti penghijauan dan penataan lingkungan, pengelolaan sampah, pembuatan seni mural bertema betawi di lorong-lorong jalan, pembinaan kesenian Betawi, sampai dengan pembinaan Usaha Mikro Kecil (UMK). 


Sentra Kreatif Budaya Betawi membawahi lebih dari 30 pelaku UMK di kelurahan Kota Bambu Selatan yang identik dengan budaya Betawi seperti kuliner, kerajinan, dan kesenian Betawi. Pengelolaan UMK ini bertujuan agar pemasaran lebih terarah sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. 


Sentra Kreatif Budaya Betawi di bawah pimpinan Ririn Kusumawati merupakan upaya pelestarian Budaya Betawi di tengah derasnya arus budaya negara lain yang banyak disenangi anak muda. Minat dan bakat pemuda Jakarta akan budaya Betawi harus terus dikembangkan agar bisa bersaing bahkan semakin berkembang. 


Peresmian Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi Kota Bambu Selatan ini dihadiri oleh Manager UP3 Menteng PLN UID Jakarta Raya, Sigit Arimurti dan Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Barat, H. Amien Haji. Sigit menyampaikan Sentra Kreatif Budaya Betawi merupakan salah satu bentuk dukungan PLN Peduli terhadap program pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai Kota Kolaborasi dan menjadi bagian Sustainable Development Goals dalam hal pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. 


“Kami selaku pemerintah mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah mendukung kelestarian budaya betawi melalui pembentukan Kampung Sentra Kreatif Betawi ini. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut dan dapat menjadi percontohan untuk wilayah lainnya”, ucap Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Barat, H. Amien Haji. 


Memasuki lorong-lorong di Kota Bambu Selatan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan mural bernuansa betawi. Banyak juga UMK yang menjual dagangan khas Betawi di depan rumah. Lingkungan asri, bersih dan kebun tanaman obat juga semakin membuat nyaman berada di sana. Pemuda yang berlatih kesenian Betawi seperti Gambang Kromong, Palang Pintu, Pencak Silat, maupun Ondel-Ondel juga bisa dijumpai di tengah aktifitas warga. 


“Ke depannya PLN berharap Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi menjadi salah satu tujuan destinasi wisata bagi pengunjung yang ingin lebih mengenal kebudayaan khususnya budaya betawi”, tambah Sigit.(*)

×
Berita Terbaru Update