-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Optimalkan Lahan untuk Pohon Energi, PJB Dukung Kelestarian Lingkungan dan Target EBT

Wednesday, November 17, 2021 | November 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-17T05:51:53Z


energikita.id - PJB melakukan penanaman 3,2 juta pohon kaliandra dan gamal di area sekitar Waduk Cirata untuk mendukung pelestarian lingkungan sekaligus menyiapkan kebutuhan biomassa co-firing. Seremonial penanaman pohon dilakukan pada Jumat (12/11) dihadiri oleh Bupati Purwakarta, beserta jajaran Muspida Purwakarta dan para pejabat di lingkungan PT PLN (Persero) serta PJB.

Kaliandra dan gamal dikenal sebagai pohon energi karena memiliki kandungan energi panas hingga sekitar 4.000 an kkal/kg. Biomassa yang dihasilkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan co-firing pada pembangkit batu bara. Co-firing menjadi salah satu program PJB dalam mendukung pemerintah mewujudkan target bauran EBT 23% tahun 2025.

Penanaman pohon energi di Cirata menjadi salah satu upaya PJB dalam menyiapkan kebutuhan biomassa untuk co-firing dalam jumlah besar dan kontinyu. Saat ini co-firing telah diterapkan pada 11 unit PLTU yang dikelola PJB.

Apa yang dilakukan PJB mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. Kegiatan ini dinilai dapat mendukung program pemerintah Purwakarta khususnya dalam pemenuhan regulasi atas Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan kelestarian lingkungan.(*)



×
Berita Terbaru Update